Ciri-Ciri Perubahan Kimia Di kehidupan sehari-hari

Ciri-Ciri Perubahan Kimia Di kehidupan sehari-hari | Ciri-ciri yang menyertai perubahan kimia: Dalam perubahan kimia (reaksi kimia) biasanya disertai dengan ciri-ciri sebagai berikut. antara buah tomat yang belum masak dengan buah tomat yang sudah masak menunjukkan bahwa proses pemasakan buah tomat merupakan perubahan kimia.
a. Terjadi perubahan warna
          Contoh:
          Buah tomat yang belum masak berwarna hijau. Buah ini akan berubah warna menjadi merah saat sudah masak dan siap dipetik. Perubahan warna ini menunjukkan adanya perubahan komposisi zat dalam buah tomat yang masih muda dengan buah tomat yang sudah masak.
b. Terjadi perubahan Suhu
        Contoh:
Jika larutan asam kiorida dalam tabung natrium hidroksida, suhu campuran akan
naik, ditandai dengan tabung reaksi yang menjadi hangat.
c. Timbul gas
       Contoh:
Jika sebutir telur kita rendam di dalam gelas berisi cuka, akan timbul gelembung-gelembung gas. Timbulnya gelembung gas ini menunjukkan terjadinya perubahan kimia yang terjadi pada telur dan cuka.
d. Terjadi endapan
          Contoh:
Larutan timbal(II) sulfat direaksikan dengan kalium iodida akan menghasilkan endapan kuning timbal(II) iodida. reaksi ditambah larutan
 Itulah Sekilas Ciri-Ciri : Ciri-Ciri Perubahan Kimia Di kehidupan sehari-hari , Lihat berbagai macam- ciri-ciri Disini, Semoga Bermanfaat
(Sumber : Ipa Terpadu, Hal : 108, Penerbit : Erlangga, Penulis : Eka Purjiyanta, M.Pd, Percetakan : PT. Gelora Aksara Pratama)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-Ciri Tumbuhan Paku (Pteridophyta)

Ciri-Ciri Manusia Berdasarkan Usia dan Tahap-tahap Perkembangannya

Jenis, Sifat dan Ciri-Ciri Zat Berdasarkan Wujudnya serta Contohnya masing-masing