Ciri-Ciri Bentuk Tubuh Manusia ke dalam Tiga Bentuk


Menjadi sebuah pertanyaan bahwa benarkah perilaku menyimpang itu dapat terbentuk sebagaimana sebuah proses sosial dalam masyarakat Pertanyaan berikutnya bagaimanakah sebenarnya penibentukan perilaku menyimpang dalam masyarakat . Di bawah ini akan kita coba membahas beberapa persepsi dan para ahli mengenai pembentukan perilaku menyimpang dalam masyarakat.

Perilaku Menyimpang ditinjau dan Faktor Biologis Cesare Lombosso, seorang kriminolog dan Italia, dalam bukunya Crime. Its Causes and Remedies (1918,) memberikan gambaran tentang perilaku yang menyimpang yang dikaitkan dengan bentuk tubuh seseorang. Dengan tegas, Lombosso mengatakan bahwa ditinjau dan segi biologis dan bandingkan dengan orang-orang biasa, penjahat itu keadaan fisiknya adalah kurang mau apabila dibandingkan dengan keadaan fisik orang-orang biasa.


William Sheldon, seorang krminologi lnggris dalam bukunya irieties of Delinquent Youth (1949) membedakan bentuk tubuh manusia ke dalam tiga bentuk yang masing-masing memiliki ciri-ciri tertentu, yaitu:......
1.       Bentuk tubuh endomorph (bulat dan serba lembek), orang ini menurut kesimpulannya dapat terpengaruh untuk melakukan perilaku menyimpangrefla sangat mudah tersinggung dan cenderung suka menyendiri

2.       Bentuk tubub mesomorph (atletis, berotot kuat dan kekar), orang dengan bentuk tubuh seperti ini sering menunjukkan Sifat kasar. bekad untuk menuruti hawa nafsu atau keinginannya Bentuk demikian ini biasanya identik dengan orang jahat, yang paling sering melakukan perilaku menyimpang.

3.       Bentuk tubub ectomorph (kurus sekali dan rnemperlihatkan kelemahan daya), orang yang seperti ini selalu mununjukkan kepasrahan, akan tetapi apabila mendapat  penghinaan-penghinaan yang luar biasa tekanan jiwanya dapat meledak, dan barulah akan terjadi perilaku menyimpang darinya.
           Pandangan Sheldon ini diperkuat oleh Eleanor Glueck dan kawan-kawan dalam bukunya Physique and Delinquency (1956). Mereka pernah mengadakan penelitian terhadap lima ratus anak-anak nakal yang dibandingkan dengan limaratus anak-anak yang biasa, kesimpulannya anak-anak nakal tersebut memiliki sifat-sifat seperti yang diperlihatkan mesomorph.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-Ciri Tumbuhan Paku (Pteridophyta)

Ciri-Ciri Manusia Berdasarkan Usia dan Tahap-tahap Perkembangannya

Jenis, Sifat dan Ciri-Ciri Zat Berdasarkan Wujudnya serta Contohnya masing-masing